Rabu, 11 Juli 2018

Tips SEO Untuk Situs Toko Online


Saat ini banyak sekali toko online bermunculan baik itu milik perorangan ataupun startup dari perusahaan besar. Parahnya para pemain besar saat ini melakukan promosi yang gila-gilaan dengan cara memasang iklan secara jor-joran diberbagai media perikalan baik online maupun offline.

Lalu bagaimana kita sebagai pemain e commerce  perorangan atau dengan modal yang terbatas dapat bersaing dengan mereka? Jangan khawatir bagaimanapun tetap masih ada celah bagi kita untuk dapat memangkan persaingan selama harga yang kita tawarkan masih dapat bersaing maka sisanya hanyala masalah bagaimana kita mempromosikan situs toko online kita.

Satu-satunya cara yang memungkinkan untuk kita bersaing adalah dengan meingkatkan ranking situs kita di Google untuk kata kunci yang sesuai dengan produk kita dan tentunya yang banyak dicari orang.

Kenapa SEO?

Untuk dapat meningkatkan ranking situs kita di Google tentunya kita perlu menerapkan kaidah-kaidah SEO, dan kenapa SEO? karena para pemain besar memiliki dukungan finansial yang tidak mungkin kita tandingi sehingga jika kita adu kuat promosi di iklan jelas kalah.

Solusinya adalah menggunakan SEO, karena mereka fokus di iklan berbayar biasanya dari SEO mereka hanya melakukan optimasi untuk halaman depan saja, untuk halaman lainnya bisa muncul di halaman pertama hanyalah efek dari halaman depan yang sudah teroptimasi.

Jika kita bersaing untuk memperebutkan halaman pertama caranya adalah dengan mengalahkan halaman-halaman selain dari halaman utama situs e commerce besar. Untuk target kata kunci yang dibidik pun biasanya adalah tipe long tail keyword.

Tips Optimasi Halaman Produk

Melakukan optimasi pada halaman produk ini ada tantangannya karena halaman produk itu berbeda dengan artikel dimana kita bisa membahas suatu topik bahasan hingga panjang lebar, namun jika untuk produk biasanya agak sulit dibahas hingga sampai 1000 kata.

Tapi bukan berarti tidak mungkin melakukan optimasi pada halaman produk, berikut ini adalah tips melakukan optimasi SEO pada halaman produk toko online.

1. Gunakan Foto Yang Jelas

Yang paling pertama adalah gunakan foto produk yang jelas sehingga calon pembeli anda dapat melihat secara detil produk yang akan mereka beli, Jangan gunakan foto yang buram. Jika anda adalah seorang reseller pastikan anda memfoto ulang produk yang akan anda jual agar tampil beda dengan penjual-penjual lainnya meskipun anda menjual produk yang sama.

2. Tulis Deskripsi Yang Unik

Kebanyakan para pemilik toko online agak malas menuliskan deskripsi produknya panjang lebar apalagi mereka para reseller seringkali untuk deskripsi hanya melakukan copy paste dari deskripsi yang ada di website supplier.

Hal ini mengakibatkan situs para reseller sulit untuk bersaing menembus halaman pertama di Google, karena Google paling tidak suka dengan yang namanya duplikat konten. Untuk itu sebaiknya anda meluangkan waktu untuk menulis deskripsi produk anda minimal 300 kata.

3. Gunakan Kata Kunci Pada Meta Tag

Meta tag adalah salah satu yang terpenting dalam SEO, karena meta tag perannya sekitar 50% untuk menuntun Google guna mengetahui kata kunci yang di target oleh suatu artikel. Meta tag ini terdiri dari meta title dan meta description dan isi dari meta tag inilah yang di tampilkan pada hasil pencarian Google.

Pastikan anda menyisipkan kata kunci utama anda pada meta title dan meta description. Untuk panajng meta title sendiri maksimal 60 karakter, sedangkan untuk meta description maksimal 160 karakter.

4. Bangun Backlink Berkualitas

Jika struktur konten anda sudah benar maka saat telah terindex oleh Google biasanya akan mendapatkan ranking yang lumayan karena konten anda dianggap sebagai konten yang SEO friendly meskipun belum muncul di halaman pertama, namun itu sudah awal yang baik.

Selanjutnya diperlukan untuk membangun backlink dari sumber yang berkualitas, Kenapa harus membangun backlink? Bagi Google backlink yang datang dari satu halaman ke halaman yang lain sama dengan sebuah vote, jika semakin banyak backlink maka akan semakin banyak pula vote terhadap suatu halaman dan intu meningkatkan popularitas di mata Goggle.

Namun yang perlu dicatat adalah Google bukan sekedar menghitung jumlah backlink yang dimiliki suatu halaman situs, namun juga memperhitungkan kualitas dari sumber backlink tersebut. Salah satu sumber backlink yang berkualitas adalah dari web 2.0, untuk detilnya kita akan bahas di artikel yang lain.

Mudah Bukan Tips SEO e-commerce ini?

Jika anda masih pemula memang biasanya agak kesulitas untuk menerapkan langkah-langkah SEO ini namun jika sudah terbiasa semuanya akan terasa mudah. Bagi anda yang tidak ingin direpotkan dengan segala hal SEO, anda bisa menyewa jasa SEO untuk melakukan optimasi pada seluruh halaman situs anda.

Saya pribadi menyarankan agar anda menyewa jasa SEO yang satu kota dengan anda, misal anda tinggal di Jakarta maka untuk menemukan layanan SEO di kota anda cukup ketikan di Google kata kunci " Jasa SEO Jakarta", maka akan muncul deretan situs layanan SEO yang berlokasi di Jakarta. Begitu juga untuk kota-kota lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar